• Arsip

  • Kategori

  • Tulisan Terkini

  • We can check your plugins and stuff

Pengertian Anchor Text Dalam Optimasi SEO

Pengertian anchor text (teks jangkar) adalah adalah teks yang berada di antara html tag, atau lebih sederhananya yaitu teks yang berisi tautan ke sebuah halaman. Teks jangkar ini merupakan salah satu faktor utama yang menentukan/meningkatkan kenampakan (visibility) blog anda di search engine result page /SERP (hasil penelusuran mesin pencari). Teks yang anda jadikan anchor text akan dianggap oleh search engine sebagai keyword dengan bobot yang lebih tinggi dibanding dengan teks biasa.
Dalam penggunaannya, biasanya anda memasang di dalam postingan, di sidebar atau footer (untuk tukaran link) untuk contoh cara membuat anchor text bisa dilihat di bawah ini (2 buah anchor text yaitu Freebie-XP dan Belajar SEO):

<a href=”https://freebiexp.wordpress.com/”>Freebie-XP</a>
atau:
<a href=”https://freebiexp.wordpress.com/2011/08/21/search-engine-optimization–seo/”>Belajar SEO Blog</a>

hasilnya akan tampak seperti di bawah ini:
Freebie-XP atau Belajar SEO Blog

Selain cara di atas biasanya digunakan metode block (sorot) teks yang akan dijadikan keyword, kemudian klik toolbar link, selanjutnya masukkan url target.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan keyword yang dipasang di anchor text.

1. Dalam contoh di atas, keyword (anchor text) yang digunakan adalah : Belajar SEO Blog, dengan maksud jika robot google mengindeks halaman di blog maka lebih mudah menemukan keyword, seperti: Belajar SEO, Belajar Blog, SEO Blog, Belajar SEO Blog.

2. Keyword Density, adalah merupakan kerapatan keyword dalam sebuah postingan. Menurut beberapa forum SEO, menyarankan kerapatan anchor teks sebaiknya dalam minimal 300 karakter terdapat 1 anchor text.

3. Panjang (jumlah) karakter anchor text normalnya maksimal 60 karakter (karena search engine biasanya mengambil 60 karakter terdepan). Jika lebih maka search engine terkadang tidak mampu mengindeks keywordnya.

4. Anchor text untuk link di dalam blog (halaman target ada di dalam blog anda) sebaiknya berhubungan dengan judul postingan atau lebih baik jika keyword yang di gunakan juga terdapat di judul postingan, meta tag, judul blog , nama domain dan deskripsi blog (agar robot search engine memberi bobot relevansi yang tinggi). Jika halaman target di luar blog anda sebaiknya gunakan keyword yang berhubungan dengan judul halaman yang akan di link.

5. Perhatikan pesaing anda di google search,  jika blog anda masih rendah Pagerank-nya, lakukan optimasi dari keyword yang rendah saingannya. Sebagai contoh: keyword SEO lebih ketat persaingannya dibanding keyword Teknik SEO, Teknik SEO untuk blog, Teknik SEO untuk pemula
Usahakan mendapatkan backlink dengan keyword yang anda optimasi tersebut agar cepat muncul di halaman pertama mesin pencari.

6. Optimasi keyword seiring dengan peningkatan trafik, jika di dalam sebuah blog terlalu banyak link tetapi jumlah kunjungan (trafiknya) berkurang, maka akan menyebabkan pagerank halaman tersebut berkurang. Dan bisa mempengaruhi google pagerank blog secara keseluruhan. Semakin banyak keyword yang anda pasang maka semakin banyak trafik yang dibutuhkan untuk mengimbangi, agar pagerank halamannya bisa bertahan atau meningkat. (sebagai catatan: setiap halaman mempunyai pagerank sendiri).

7. Anda bisa melakukan rotasi anchor text, misalnya dalam 3 bulan pertama gunakan keyword  Teknik SEO Blog  untuk pemula, kemudian 3 bulan berikutnya ganti dengan Teknik SEO, dalam melakukan rotasi sebaiknya gunakan potongan dari keyword awal (dengan catatan anda harus menambah kalimat baru untuk menempatkan keyword baru tanpa mengubah struktur kalimat lama) atau tetap menggunakan keyword tersebut namun membuat keyword yang relevan pada postingan baru. Dengan semakin banyaknya postingan maka bakal meningkatkan daya saing blog untuk berebut posisi halaman pertama SERP.

8. Terus membuat keyword baru pada postingan baru, karena serach engine senang jika medeteksi update pada blog/website

9. Anchor text anda perlukan untuk membangun backlink, bisa dengan melakukan link antar halaman dalam sebuah blog, atau link dari blog lain ke blog anda. Perhatikan keyword yang anda gunakan, sebagai contoh penggunaan anchor teks yang kurang tepat seperti:

a. Dalam postingan terkadang menggunakan kata yang sulit dikenali oleh robot google,  seperti: klik disini, d@wnload (kombinasi simbol dan alfabet), dan kata tidak baku lainnya.

b. Dalam pertukaran link terkadang menggunakan keyword yang tidak dikenali oleh search engine. Ada beberapa kasus dalam pertukaran link menggunakan kata : Namapemilik blog, url tetap terindeks, tetapi penempatan keywordnya yang kurang tepat, mungkin 50% pengguna internet jarang mencari nama atau url di search engine saat mencari blog, terkecuali jika blog anda sudah terkenal maka biasanya banyak pengunjung yang mengetikkan nama anda untuk menemukan blog.

10. Setelah berusaha jangan lupa berdoa dan terus belajar dari forum seo, blog seo, dan blog google tentang update terbaru algoritma search engine serta memetakan kelemahan dan kelebihan teknik seo google  yang digunakan.

6 Tanggapan

  1. Anchor text walaupun sebuah hal yang kecil sebenarnya memiliki kekuatan besar dalam optimasi seo. Apakah menurut anda juga begitu..
    Nice share ya agan..

    • saya spndapat dgn anda.. anchor text atau teks jangkar memang punya pngaruh besar dlm optimasi seo khusus’a dlm meningkatkan traffic blog, hmpr sama hal’a dgn penggunaan keyword pd setiap postingan yg kita buat

  2. berarti saya salah dong kebanyakan saya anchor y klik disini ..

  3. trus penempatannya dimana ,contohnya isi coment di blog dofollow,,thanks

  4. mantap triknya dan boleh di coba , mudah2 an web saya akan cepat terindek oleh mesin pencari. dan cepat masuk 10 besar halaman pertama google.

    Terimaksih dari seo blog umtuk pemula

  5. Wouw….bagus boz infonya…jd lebih tau nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: