• Arsip

  • Kategori

  • Tulisan Terkini

  • We can check your plugins and stuff

Pengertian Trackback Dan Pingback

Sebagai pengguna WordPress, pastinya kita sering mendengar atau membaca istilah trackback dan pingback. Namun yang jadi pertanyaan beberapa blogger khususnya yang pemula seperti halnya saya masih belum paham apa pengertian dari trackback, cara membuat serta fungsi dari trackback ?

Pertanyaan seperti inilah yang menghinggapi pikiran saya selama beberapa saat lalu. Dan menggugah niat untuk mencari informasi seputar hal ini. Tak butuh waktu lama, dengan bantuan google akhirnya saya temukan juga beberapa situs yang membahasnya. Dan saya ingin mencoba untuk mengulasnya di blog ini.

Trackback

Trackback adalah semacam komentar otomatis untuk memberitahu blog lain yang linknya kita tautkan dalam artikel kita. Jadi, misalnya setelah kita mengelink ke blog B dalam sebuah artikel kita dan mengirim trackback, maka secara otomatis sebuah komentar dari kita akan muncul di blog si B dan berisi penggalan kalimat yang masih berhubungan dengan link yang kita tautkan tadi. Biasanya berawalan dan berakhiran tanda […].

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membuat trackback ?

1. Login ke Admin WordPress anda.

2. Pada sisi kiri halaman klik tanda [ ? ] pada menuPost’.

3. Kemudian klik sub menu ‘Add New’.

4. Setelah tampil halaman ‘Add New Post’, silahkan tulis pada mode ‘Visual’.

5. Kemudian pada menu ‘Send Trackbacks’ isikan alamat spesific dari blog orang lain yang ingin diberikan trackback dengan menambahkan kata trackback/ disetiap akhir alamat.

Contoh:
Alamat blog ini adalah https://freebiexp.wordpress.com/
Yang dimaksud alamat spesific dari blog saya adalah alamat dari salah satu posting saya.
https://freebiexp.wordpress.com/2011/08/29/cara-merubah-blog-nofollow-menjadi-dofollow/trackback/

6. Jika anda ingin memberikan trackback lebih dari 1, pisahkan dengan spasi.

7. Kemudian pada menu ‘Discussion’ beri tanda centang [ ? ] pada ‘Allow comments on this post’ dan ‘Allow trackbacks and pingbacks on this post’.

8. Setelah selesai, klik tombol ‘Save Draft’ bila anda ingin menyimpan dan mengeditnya kembali atau klik tombol ‘Publish’ bila anda ingin mempublikasikan atau menampilkan pada halaman blog anda.

Dengan demikian, link artikel-artikel yang kita isi kedalam kolom send trackback, akan mendapatkan potongan artikel blog kita yang baru, yang menjadi komentar secara otomatis. Jika sang pemilik memperbolehkan trackback pada artikelnya, serta menyetujui trackback dari artikel blog kita

Lalu apa fungsi dari trackback?

1. Mendapat tambahan trafik
Blogger yang menerima trackback dari kita kemungkinan besar akan mengunjungi blog kita sehingga selain mendapat tambahan trafik juga dapat bermanfaat sebagai sarana perkenalan antar blogger yang bahkan sebelumnya sama sekali tidak saling mengenal.

2. Mendapat trafik yang berkualitas.
Jika kita mendapat trackback dan suatu hari ada yang pengunjung datang dari link tersebut, maka kemungkinan besar dia adalah seorang visitor yang benar-benar membutuhkan informasi seputar topik yang kita bahas (bukan pengunjung nyasar) dengan catatan yang memberi trackback artikelnya setopik dengan artikel kita.

3. Membuat artikel terlihat lebih berkualitas.
Tentunya semua orang menyadari kalau seorang blogger tidak akan menguasai semua bidang. Jadi, referensi dari situs lain yang kita taruh dalam postingan kita secara tidak langsung akan membuat artikel lebih berkualitas karena apa yang kita tulis pada dasarnya akan diulas juga oleh orang lain.

4. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nb:

  • Potongan singkat dari isi posting pada kotak komentar akan tampil tergantung dari masing-masing theme.
  • Pemberian trackback ini hanya berlaku pada sesama pemilik blog di WordPress.
  • Silahkan coba diposting baru atau lama anda untuk memberikan trackback pada alamat posting ini. Jika berhasil maka di kotak komentar posting ini akan ada pingback dari trackback anda.

Pingback

Sama seperti trackback, namun kita tidak memasukkan link artikel didalam kolom send trackback. Melainkan kita menaruh link artikel blog kita atau blog lain didalam artikel baru yang kita terbitkan. Potongan artikel yang mengandung link ke artikel lain tersebutlah yang akan menjadi komentar. Sebagai contoh:

link artikel https://freebiexp.wordpress.com/2011/08/22/pengertian-anchor-text-dalam-optimasi-seo/ saya pasang pada kalimat “Belajar SEO Blog

Hasilnya, beberapa potong kalimat yang ada pada blog kita, serta terdapat link ke artikel yang kita masukkan tadi, akan menjadi pingback ke artikel yang dituju. Sama dengan trackback, kita juga bisa mendapatkan keuntungan berupa backlink dan pengunjung dari blog yang kita kirimi pingback. Itu juga jika sang pemilik berbaik hati mau menyetujui kiriman pingback dari blog kita.

Seperti apa sih pingback dan trackback itu?

Berikut ini saya jelaskan menggunakan gambar:


Tidak semua trackback atau pingback yang kita kirimkan menjadi komentar. Ada kalanya walaupun kita sudah mengirimkan trackback atau pingback, tidak masuk kedalam artikel blog yang kita tuju. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi anda.

HAPPY BLOGGING

6 Tanggapan

  1. terima kasih keterangannya mudah di mengerti. maju terus berkarya… sukses.

  2. wah memang ini yang ku cari, mantap bro infonya, thanks ya…

  3. Mencari Uang Dengan Webiste…

    Membuat website saat ini merupakan kemampuan yang mutlak dimiliki oleh pelaku bisnis online. Website dapat dimanfaatkan sebagai mesin penghasil uang di internet. Dengan memiliki website pekerjaan marketing menjadi lebih ringan. Dalam bisnis online webs…

  4. jalan jalan ke blog qw ea………
    2lisanku2u.blogspot.com

    follow me ”Im follow you”
    masih newbie …..

  5. waduh.. gak usah ngomong newbie kalo komentar disini udah ketahuan kok newbie_nya, seperti saya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: